About

Amikom

Selasa, 12 Februari 2013

Apa itu KOMPUTER ?


Materi Kuliah Sistem Informasi-S1  “Penghantar Teknologi Informasi”
Dosen :
KOMPUTER
Definisi, Sejarah Perkembangan  dan Klasifikasi

·         Komputer yang pertama adalah MANUSIA
·         Komputer pada awalnya adalah nama jabatan/pekerjaan.
·         Digunakan untuk menggambarkan orang (umumbta wanita) yang pekerjaannya melakukan perhitungan berulang-ulang seperti menghitung table posisi planet untuk almanac astronomi, table navigasi untuk pelayaran.

Arti kata Komputer
·         To compute : (latin computare, dari kata COM-,Putare’reckon’) = Menghitung
·         komputer secara ejaan dapat diartikan sebagai alat hitung.
·        
Computer Science =Ilmu Komputer = Science of how to Calculate.
·         Atau Science of Processing Information by computers = Informatics / Infotmatika.

Definisi Komputer
·         Alat elektronik yang mampu melaksanakan tugas antara lain menerima input, memproses input sesuai dengan programnya, menyimpan perintah-perintah dan hasil pengolahan, menyediakan output dalam bentuk informasi (Robert H. Blissmer)
·         Alat hitung elektronik yang mampu menginterpretasikan dan melaksanakan perintah-perintah terprogram untuk input, output, perhitungan dan operasi-operasi logika (Larry Long dan Nancy long).
·         A usually electronic device for storing and processing data (usually in binary form), according to instructions given to it in a variableprogram (The concise oxford dictionary, 9th Edition).
·         Perangkat elektronika yang dapat menerima dan mengelolah data menjadi informasi, menjalankan program yang tersimpan dalam memori, serta dapat bekerja secara otomatis dengan aturan tertentu.

Pengertian Komputer secara Khusus
Komputer adalah mesin pengolah informasi dan memiliki fungsi:
ü  Storage (penyimpan)
ü  Retrieval (pengambil)
ü  Analyzation (pengolah)
ü  Generation (pembangkit)
ü  Transformation (pengubah)
ü  Dll.


Sejarah Perkembangan Komputer
Tidak terlepas dari peekembangan alat hitung. Terdapat empat era perkembangan yaitu.

1.     Era awal alat hitung numeric
ü  Abacus (sempoa) muncul sekitar tahun 300 SM di asia kecil (Babilonia), dapat dianggap sebagai awal mula mesin komputasi. Fungsi penjumlahan, pengurangan, perkalian dan pembagian dapat dilakukan denga Abacus standar.
Pascaline
Numerical wheel calculator (kalkulator roda numeric) => Pascaline. Dibuat oleh Blaise Pascal (1623-1662) pada tahun 1642 ketika berumur 18 tahun. Untuk membantu ayahnya menghitung pajak. Kelemahan alat ini hanya terbatas melakukan penjumlahan.

2.     Era Komputasi Analog (Komputasi Mekanik)
·         Pascaline diperbaiki tahun 1694, oleh ilmuwan jerman, Gottfred Wilhem Von Leibniz (1646-1716) sehingga dapat mengalikan. Mulai tahun 1820, kalkulator mekanik mulai popular.
·         Charles Xavier Thomas de Colmar menemukan mesin yang dapat melakukan empat fungsi aritmatik dasar => Arithometer.

Mesin Jacquard
·         Pada tahun 1801 Joseph Marie Jacquard dari Perancis Mengembangkan mesin tenun yang pola tenunnya disimpan menggunakan kartu dari kayu yang berlubang (yang kemudian dikenal dengan punch card).
·         Penemuannya ini mendapat perlawanan dari para buruh, dan mendorong terbentuknya persatuan dan aksi buruh yang pertama di dunia, yang merusak mesin tenun ciptaanya.
·         Namun pada tahun 1812 telah muncul ribuan mesin tenun ciptaan Jacquard, yang sampai saat ini masih digunakan di industry tekstil untuk membuat brokad.

3.     Era Mesin Analitik (babbage’s Engine)
                Awal mula computer yang sebenarnya dimulai ketika seorang professor matematika Inggris, Charles Babbage (1791-1871). Pada tahun 1822 membuat mesin untuk melakukan perhitungan persamaan differensial (mesin differensial). Dengan menggunakan tenaga uap, mesin tersebut dapat menyimpan program, dapat melakukan kalkulasi, dapat mencetak hasilnya secara otomatis.
                Kemudian babbage memulai membuat computer general-purpose yang pertama, yang disebut Analytical Engine. Dibantu asisten Babbage, Augusta Ada King (1815-1842).
Mesin Analitik akan mampu melakukan
·         Operasi matematik apa saja
·         Menggunakan program yang tersimpan
Operasi mesin ini menggunakan kartu berlubang (punched card) sebagai instruksi program

Add                                        Subtrac                                                Multiply                               Divide

4.       Era Komputer Modern
·         Pada 1889 Herman Hollerith (1860-1929) mengembangkan mesin hitung yang disebut “Hollerith desk” untuk menangani sensus di AS tahun 1890.
·         Ia menerapkan prinsip kartu berlubang untuk melakukan penghitungan. Selain memiliki keuntungan dalam bidang kecepatan, kartu tersebut berfungsi sebagai media penyimpan data. Tingkat kesalahan perhitungan juga dapat ditekan secara drastic. Dengan menggunakan mesin ini, proses perhitungan sensus dapat diselesaikan dalam 2 tahun.
·         Hollerith pada akhir abad 18 mendirikan perusahan bernama”Tabulating Machine Company”. Setelah Hollerith pension pada tahun 1904, Thomas Watson, Sr., menjadi presdir dan kemudian mengubah nama perusahaan menjadi International Business Machines Coporation (IBM).

Atanasoff dan Berry
·         Pada tahun 1903, Jhon V. Atanasoff dan Clifford Berry mencoba membuat computer elektrik yang menerapkan aljabar boolen pada sirkuit elektrik. Atanasoff dan Berry membuat computer pertama di tahun 1940.

Harvard Mark 1 : Komputer electro mekanik
·         Merupakan digital terprogram pertama yang ada di Amerika, tahun 1944.
·         Merupakan hasil kerja sama antara Universitas Harvard dengan IBM.
·         Tersusun atas saklar, relai, batang putar (rotating shaft I), dan kopling (clutch)

Mark  I
·         Komputer ini mempunyai berat 5 ton, dihubungkan dengan kabel sepanjang 500 mil, mempunyai tinggi 8 feet dan panjang 51 feet, dan mempunyai lengan-lengan putar sepanjang 50 ft yang digerakan oleh motor listrik dengan daya 5 hp.
·         Mark I dijalankan non-stop selama 15 years.

Debugger
·         Salah satu programmer utama Mark 1 adalah Grace Hopper seorang wanita.
·         Ia yang pertama kali menemukan “bug” pada computer yaitu serangga semacam ngengat yang mati dan menghalangi pembacaan lubang pada pita kertas.
·         Istilah debugger selanjutnya digunakan untuk menghilangkan kesalahan pada program computer.

0 komentar:

Posting Komentar

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | GreenGeeks Review