About

Amikom

Minggu, 13 Januari 2013

KAPMI sebagai Organisasi


BERORGANISASI
(KAPMI SEBAGAI ORGANISASI)

Yogyakarta, 30 November 2012
Oleh : Ma’rifatus Sa’adah

                Sebagai generasi muda yang dijuluki sebagai agen perubahan berorganisasi adalah hal yang bisa dikatakan wajib untuk diikuti, karena dengan berorganisasi maka usaha dan perwujudan dari tugas sebagai agen perubahan menjadi lebih jelas. Sebenarnya apa itu organisasi?. Definisi Organisasi Secara sederhana bisa diartikan sebagai suatu alat atau wadah kerjasama untuk mencapai tujuan bersama. Dengan pola tertentu yang perwujudannya memiliki kekayaan baik fisik maupun non fisik. Sehingga bisa dimungkinkan terjadinya suatu konflikdalam sebuah organisasi yang dikarenakan oleh adanya ketidakselarasan tujuan, perbedaan interprestasi fakta, ketidaksepahaman yang perbedaan cara pandang dan pola piker dari setiap individunya.


Definisi Organisasi
Definisi organisasi menurut para ahli:
PFIFFNER dan SHERWOOD
Organisasi sebagai suatu pola dari cara-cara dalam mana sejumlah orang yang saling berhubungan, bertemu muka, secara intim dan terkait dalam suatu tugas yang bersifat kompleks, berhubungan satu dengan yang lainnya secara sadar, menetapkan dan mencapai tujuan yang telah ditetapkan semula secara sistematis
BAKKE
Organisasi merupakan sebuah system yang continue dari penggunaan, pemindahan aktivitas-aktivitas manusia yang dibebankan dan dikoordinasikan, sehingga membentuk suatu kumpulan tertentu yang terdiri dari manusia, material, capital, gagasan, dan sumber daya alam ke dalam suatu keseluruhan pemecahan persoalan.
ALLEN
Organisasi adalah suatu proses identifikasi dan pembentukan serta pengelompokan kerja, mendefinisikan dan mendelegasikan wewenang maupun  tanggung jawab dan menetapkan hubungan-hubungan dengan maksud untuk memungkinkan orang-orang bekerjasama secara efektif dalam menuju tujuan yang ditetapkan.

Hakikat organisasi atau organisasi ialah:
·         Bahwa organisasi bukanlah tujuan, melainkan hanya alat untuk mencapai tujuan atau alat untuk melaksanakan tugas pokok. Berhubungan dengan itu susunan organisasi haruslah selalu disesuaikan dengan perkembangan tujuan atau perkembangan tugas pokok.
·         Dalam organisasi selalu terdapat rangkaian hirarki, artinya dalam suatu organisasi selalu terdapat apa yang dinamakan atasan dan apa yang dinamakan bawahan.
Jenis-jenis organisasi.
1.       Berdasarkan jumlah orang yang memegang pucuk pimpinan.
Bentuk tunggal, yaitu pucuk pimpinan berada ditangan satu orang, semua kekuasaan dan tugas pekerjaan bersumber kepada satu orang.
·         Bentuk komisi, pimpinan organisasi merupakan dewan yang terdiri dari beberapa orang, semua kekuasaan dan tanggung jawab dipikul oleh dewan sebagai suatu kesatuan.
2.       Berdasarkan lalu lintas kekuasaan.
·         Organisasi lini atau bentuk lurus, kekuasaan mengalir dari pucuk pimpinan organisasi langsung lurus kepada para pejabat yang memimpin unit-unit dalam organisasi.
·         Bentuk lini dan staf, dalam organisasi ini pucuk pimpinan dibantu ooleh staf pimpinan ahli dengan tugas sebagai pembantu pucuk pimpinan dalam menjalankan roda organisasi.
·         Bentuk fungsional, bentuk organisasi dalam kegiatannya dibagi dalam fungsi-fungsi yang dipimpin oleh seorang ahli dibidangnya, dengan hubungan kerja lebih bersifat orizontal.
3.       Berdasarkan sifat hubungan personal.
·         Organisasi formal, adalah organisasi yang diatur secara resmi, seperti: organisasi pemerintahan, organisasi yang berbadan hukum.
·         Organisasi informal, adalah organisasi yang terbentuk karena hubungan bersifat pribadi, antara lain kesamaan minat atau hobby, dll.
4.       Berdasarkan tujuan
·         Organisasi yang tujuannya mencari keuntungan atau ‘profit oriented’
·         Organisasi sosial atau ‘non profit oriented’
5.       Berdasarkan kehidupan dalam masyarakat
·         Organisasi pendidikan
·         Organisasi  kesehatan
·         Organisasi pertanian, dan lain-lain
6.       Berdasarkan fungsi dan tujuan yang dilayani.
·         Organisasi produksi, misalnya organisasi produk makanan,
·         Organisasi berorientasi pada politik, misalnya partai politik.
·         Organisasi yang bersifat integrative, misalnya serikat pekerja
·         Organisasi pemelihara, misalnya organisasi peduli lingkungan, dan lain-lain
7.       Berdasarkan pihak yang memakai manfaat
·         Mutual benefit organization yang kemanfaatannya terutama dinikmati oleh anggotanya, seperti koperasi.
·         Service organization, yaitu organisasi yang kemanfaatnya dinikmati oleh pelanggan, misalnya bank.
·         Business organization, organisasi yang bergerak dalam dunia usaha, seperti perusahaan-perusahaan.
·         Cpmmonwealth organization, adalah organisasi yang kemanfaatannya terutama dinikmati oleh masyarakat umum, seperti organisasi pelayanan kesehatan. Contohnya rumah sakit, puskesmas, dll.




0 komentar:

Posting Komentar

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | GreenGeeks Review