About

Amikom

Sabtu, 12 Januari 2013

Hanya Cerita



Asslam'mualaikum wr. wb.
Salam sejahtera untuk kita semua...
         Selamat Datang,
Susanti
Terimakasih sebelumnya sudah mau mengunjungi blog ini. Sedikit cerita hanya sekedar cerita pemilik blog. Di sudut kecil Dusun Kebon Randu No.11 Desa Anjatan Baru Kecamatan Anjatan Kabupaten Indramyu Provisi Jawa Barat (lengkap banget ) awal cerita dimulai.
          Hari kamis sore pukul 16.00 wib pada tanggal 2 desember akan menjadi hari bersejarah untuk keluarga kecil dari sebuah gubug kecil yang ditinggali seorang wanita yang luar biasa, suara tangisan bayi membuat suasana disebuah gubug kecil menjadi serasa surga, kehadiran seorang bayi perempuan dari seorang wanita hebat lahir dengan selamat. 
         
kegemiran keluarga kecil dari pemilik rumah, seorang anak laki-laki berusia 6 tahunpun dia sangat senang karena mulai saat ini dia punya teman bermain walaupun adiknya perempuan. Yah, sekarang gubug kecil yang terletak di sudut desa menjadi seperti hidup kembali dengan hadirnya seorang bayi. kemudian bayi perempuan yang mungil itu diberi nama oleh mereka yaitu "SUSANTI" nama yang sangat indah (Menurut saya dan ibu bapak saya ).
           Kini bayi perempuan itu tumbuh semakin dewasa. hidup dan bergaul dengan anak-anak lainnya yang seusia dengannya. di usianya yang ke-5 tahun ibunya menyekolahkan dia di salah satu taman kanak-kanak di desa tetangga yaitu TK Riadus Solihin-Karang Malang, Anjatan. di usianya yang ke-6 dia masuk ke sekolah dasar di SD Negeri Anjatan Baru 1, setelah lulus dari sekolah dasar kemudian dia melanjutkan ke sekolah menengah pertama, di sekolah favorit didesanya (beruntung yahh bisa masuk ) nama sekolahnya SMP Negeri 1 Anjatan. Setelah lulus kemudian melanjutakan ke sekolah menengah atas di SMK Negeri 1 Anjatan di jurusan MULTIMEDIA, diusianya yang ke-17 tahun dia telah menyelesaikan sekolahnya.
            Dari sinilah permasalahan mulai datang silih berganti , semakin tambah usia seseorang maka semakin bertambah pula masalah yang di hadapi, dikesehariannya dia di panggil santi. keinginannya untuk melanjutkan sekolah ke perguruan tinggi harus disimpan. orang tua tidak yakin kalau mereka bisa membiayai kuliah sampai lulus, pekerjaan ibunya wirausaha kecil-kecilan, sedangkan ayahnya seorang petani padi. Indramayu adalah kabupaten yang sebagian besar petani dan nelayan.
           Untuk mengobati kekecwaannya yang tidak dapat melanjutkan ke perguruan tinggi, akhirnya ditawarkan untuk bekerja di salah satu Dealer Resmi Honda di Wilayah Patrol sebagai Admin sales. kerjaannya pun sangat menyenangkan buatnya yang memang sejak dulu sangat menyukai dunia teknologi informasi yaitu komputer. kesehariannya hanya berhadapan dengan komputer. kerjaan itu ditawarkan oleh gurunya dari SMK yaitu Bapak Achmad Rifai,S.Pd. ini memang kesempatan emas buat dia jarang-jarang seorang siswa mendapatkan tawaran langsung. 
           Tapi santi tidak dapat bertahan lama bekerja disana, ini memang kabar yang bisa dibilang tidak menyenangkan tapi juga bisa dibilang sebuah peluang. kerja di dealer sebagai admin selama 9 bulan tuh pengalaman yang sangat luar biasa untuk seorang santi yang sebelumnya dia anak yang manja. tapi semenjak dia bisa merasakan bagaimana susahnya bekerja . dan sekarang dia tidak seperti dulu lagi. dulu ayahnya sempat berjanji jika tahun depan santi dapat melanjutkan sekolah ke perguruan tinggi yang diingkannya.
           Dan kini saatnya tiba santi menagih janji ayahnya, tapi masalah tidak berhenti disini. dia dilarang oleh ibunya untuk melanjutakn kuliah di Yogyakarta, ibunya meminta dia untuk melanjutkan kuliah antara Cirebon, Jakarta dan bandung . tentu pilihan yang sangat sulit untuknya tidak ada keinginan sedikitpun dia untuk muntut ilmu disana, padahal santi sudah mengidam-idamkan untuk dapat menuntut ilmu di daerah istimewa yogyakarta kota pelajar itu. yang konon katanya kota yang melahirkan orang-orang yang hebat di indonesia. kedua orang tuanya mementang keinginan anaknya itu. beliau tidak bisa jauh dari dia. jarak antara indramayu-yogyarkata tidak lah dekat , butuh waktu 9 jam untuk sampai ke yogyakarta, dan masalah lainnya santi adalah satu-satunya anak perempuan beliau. Ya,  karena mereka hanya mempunyai anak 2, pertama laki-laki dan yang kedua adalah santi sediri (Keluarganya patuh sama pemerintah yah, 2 anak lebih baik hehehe ). apalagi ditambah santi tidak mempunyai sanak saudara disana. tentu kedua orang tuanya tidak tega jika jauh dengan anak perempuan mereka satu-satunya ( tentu saja satu-satunya , orang anaknya cowo cewe hehehe). tidak hanya masalah internal, masalah externalpun ada, ya, dari tetangga serta kerbat yang membuat telinga santi menjadi panas. mereka bilang untuk apa sekolah sampai ke perguruan tinggi, toh akhirnya juga pasti kerja  di dapur sebagai ibu rumah tangga. sungguh pemikiran yang sangat kuno (kata santi dalam hati ). tapi buat santi itu adalah sebuah motivasi . santi berfikir kalau seorang wanita juga berhak untuk sukses dan melanjutkan studi ke perguruan tinggi, wanita juga berhak untuk merai cita-citanya.Ibu Ika Mustikawati,S.pd Guru matematika Istri dari Bapak Siswanto,S.Kom Guru Produtif Multimedia waktu SMK berpesan ke santi "Jadilah seorang wanita/ibu yang cerdas untuk suami dan anak-anakmu" , sederhana tapi itu pil semangat santi. Menjadi wanita karir impiannya sejak dulu.
           Alhamdulliah dengan ijin Allah SWT, akhirnya santi menemukan jalan keluar, Bpk. Achmad Rifai memberitahunya bahwa di Yogyakarta ada Asrama Indramayu dan dapat membantunya selama santi disana, melalui akun facebook KAPMI(Keluarga Pelajar dan Mahasiswa Indramayu) D.I.Y dia bertemu denga Kak Ulum dari sliyeg, pada saat tiba di yogyakarta santi dikenalkan dengan kak siyam, kak siyam lah yang mengantar santi daftar kuliah sampai mencari kos-kosan. karena pada saat itu kak ulum tidak bisa menghantar karena ada keperluan.
           Pada saat santi menginjakan kaki ke kota pelajar itu benar-benar serasa mimpi baginya. dia tidak menyangka kalau dia bisa sampai disini kota pelajar kota impian. dia pertama kali menginjakan kakinya di yogyakarta bersama sang ayah. yang selalu menemaninya kapan saja. pilihan pertama saat itu kuliah di ISI (Institut Seni Indonesia) walaupun itu bukan pilihan yang diingkan santi sejak awal, dia terpaksa mencoba daftar ke sana karena biayanya paling murah, karena santi tidak mau kalau sampai mengecewakan ayahnya yang masih dilanda kebingungan mereka sanggup atau tidak mengkuliahkan aku sampai lulus. hanya modal nekad dan percaya kepada sang maha kuasa ibu dan ayahnya yakin bisa. tapi tuhan punya rencana lain, santi tidak diterima di Institut Seni Indonesia (ISI). tentu ini masalah lagi untuk santi dia harus cari opsi ke dua. dan opsi itupun jatuh ke STMIK Amikom Yogyakarta. tapi ini tidak mudah karena uang sarana dan prasarana di sana lumayan mahal. itu yang membuat santi berfikir 2 kali untuk satu kali tindakan. akhirnya niat itu dia urungkan lagi. dan lari ke UTY dan STMIK Akakom yang biasanya sedikit rendah di bawah Amikom. 
           Kini keberangkatan santi yang ke-2 ke yogyakarta tanpa ayahnya. dia pergi bersama teman satu daerahnya. dengan begitu banyak keraguan, mau tidak mau dia harus segera daftar ke salah satu. santi bingung harus bagaimana hatinya tetap memilih Amikom tapi keadaan yang memaksaan dia harus memilih selain amikom. beberapa menit sebelum dia melakukan pendaftaran ke Akakom santi berniat untuk telepon terlebih dahulu ke Ibunya untuk meminta restu bahwa dia akan daftar di Akakom dan mengikuti tes agar dia bisa diterima. tapi apa yang terjadi, sungguh ini sangat mengejutkan santi ibunya bertanya, Ibu:"Kamu yakin nak, sama pilihan kamu untuk kuliah disitu" , ini sungguh pertanyaan yang sangat membingungkan, apa maksud dari pertanyaan ini. santi:"Kenapa ibu tanya seperti itu.?" ibu:"jawab dulu sayang pertanyaan ibu, Santi:"tentu ibu sudah tau jawabannya, bahwa aku dari dulu sangat menginginkan untuk kuliah di Amikom mengambil Sistem Informasi. bukannya ibu tidak mengijinkan santi kesitu .?" , ibu:"kenapa tidak", santi:"maksudnya bu", ibu:"Ya kenapa tidak, jika kamu sudah yakin dengan pilihanmu, ibu tidak bisa menghalangimu", santi:"jadi maksud ibu santi boleh daftar di Amikom." . Ibu:"kenapa tidak..?" ,santi:"lalu bagaimana dengan biayanya bu, bukannya kita lum ada uang? lalu bagaimana bayarnya.? , ibu:"Tuhan memberikan rizky untukmu nak, ini rizky yang tuhan berikan untuk kamu.." santi:"ya tuhan terimakasih atas rahmat yang kau berikan hari ini. terimakasih ibu, ". hari itu adalah hari yang sangat bersejarah untuknya. tanggal 29 bulan juli tahun 2012. Kini statusnya sebagai salah satu Mahasiswa aktif di STMIK Amikom Yogyarta  jurusan Sistem Informasi.

            Dan sampai saat ini santi masih berstatus sebagai mahasiswa aktif di STMIK Amikom dan dia adalah saya pemilik blog ini J ,,, "TIDAK ADA YANG TIDAK MUNGKIN DI DUNIA INI, DAN JIKA KITA YAKIN BAHWA KITA BISA, PASTI KITA BISA"

Terimakasih Tuhan, terimakasih Ibu, terimakasih Ayah, terimakasih kakak, serta Sahabat-sahabatku dan Guruku tercinta, yang selalu senantiasa memotivasi saya... 

heheheh ternyata curco-ku panjang juga yahh :)
terimakasih atas kunjungan anda.

Semua ini kupersembahkan untuk Ayah dan Ibu J
Wassalam'mualaikum wr.wb.

4 komentar:

Unknown mengatakan...

Jadi sedih yakin ka,.
:(

Unknown mengatakan...

hehehe tidak adek, terimaksih sudah berkunjung. semoga menjadi motivasi :)

Unknown mengatakan...

Semangat Sahabatku
cepat kembali ke desamu jika sudah selesai menuntut ilmu, desa kita membutuhkan pemuda-pemudi yang peduli dengan pendidikan

Unknown mengatakan...

terimakasih kang, mohon doa'y :)

Posting Komentar

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | GreenGeeks Review